Rabu, 08 Juni 2016

Caraku Menghemat Penggunaan Plastik


Halo semua!
gak tau nih, tiba-tiba inginnya posting yang begini. Engga, bukan sok peduli lingkungan. Bukankah hal itu memang wajib bagi seluruh umat manusia? (eaakk :D)
tadi aku baru aja nemu sebuah tulisan di surat kabar online, tulisannya "caramu menghemat pemakaian kantong plastik".
kenapa aku tertarik dengan judul itu? karena ya gimana, sekarang kan lagi marak-maraknya bicara masalah lingkungan, pemanasan global, perubahan iklim, dan lain-lain. Bagi sebagian orang, topik itu terasa berat dan implementasinya juga sulit dilakukan. Eiit, jangan salah. Justru banyak banget yang bisa kita lakukan untuk berpartisipasi dan ambil bagian dalam mengatasi masalah tersebut. Salah satunya yaitu MENGHEMAT PENGGUNAAN PLASTIK.

Beberapa cara ini sudah aku terapkan loh dikehidupan sehari-hari. jadi bisa dong ngajak temen-temen semua untuk ikutan. Hehe

1. Bawa Minum Sendiri dengan Tumbler

Teman-teman tahu tumbler kan ya? ituloh, tempat minum yang bisa digunakan berulang-ulang. Nah, apa hubungannya plastik dengan tumbler? Teman-teman tahu kan, botol bungkus air mineral juga terbuat dari plastik. Selain itu, didaerahku juga banyak minuman-minuman berasa yang dibungkus dengan plastik dan disajikan dengan sedotan. Sedotan sendiri juga terbuat dari plastik kan? so, daripada harus membuang plastik dengan membeli air mineral kemasan plastik atau minuman lain dengan plastik, mending pakai tumber. Apalagi jika bawa minum dari rumah. Udah hemat, sehat lagi. Ya gak?

2. Tolak Bungkus Plastik Saat Barang yang Dibeli Sedikit

Aku sering nih, pas lagi beli sesuatu yg cuma satu atau dua buah, suka dikasih plastik sama yang jual. Mendingan balikin aja deh gaes. Terus barangnya dibawa aja pakai tangan atau dimasukin tas. Gak terlalu repot kan? daripada harus boros plastik.

3. Bawa Kantong Kain Saat Belanja Bulanan

Kamu dan ibumu sering belanja bulanan di supermarket? biasanya mau gak mau membutuhkan kantong banyak kan?nah daripada pakai plastik, mending bawa kantong sendiri dari rumah. Oh iya, katanya kantong plastik sekarang berbayar loh. Memang sih, cuma 200 perak. Tapikan bakal banyak kalau dikumpulin terus. Daripada 200 nya sia-sia, mending bawa kantong belanja sendiri. Hemat duit, ramah lingkungan lagi!

4. Kalau teman-teman lupa bawa kantong belanja, yaudah deh ga apa-apa. Pakai aja kantong plastik. Tapi, habis itu kantong plastiknya dikumpulin yaa. dan gunakan lagi dilain kesempatan. Oke?

gimana? keren gak caranya Dini? keren dong ya :D semoga bermanfaat untuk teman-teman semuanya. So, lest save our earth. Selamat menjalankan, salam lestari!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar